akunto[MO]untain

celotehan pendaki amatir

Kipasan Ekor-Merah


Ketika menuruni lereng sumbing menuju basecamp pendakian, di perbatasan hutan dan ladang, aku mendengar suara burung yang cukup menarik perhatian. Setelah mencari sumbernya, ternyata berasal dari burung dengan ekor yang menyerupai kipas. Hinggap di ranting pohon bagian tajuk tengah, dan aktif berpindah tempat. Wah menarik juga ni, segera mengeluarkan kamera saku dan mengambil gambar burung tersebut. Sangat susah memotret burung yang aktif bergerak dengan jarak yang cukup jauh, baru ngepasin zoom in udah terbang lagi ke ranting yang lain. Hasilnya, cuma dapat 2 foto dan seluruhnya pas si burung membelakangi lensa. Dengan modal 2 foto akhirnya ketahuan jenis burung tersebut (terima kasih kepada mas Agung Satriya Wibowo atas infonya).

tertangkap kamera, namun hanya tampak belakang

Burung yang memiliki ukuran tubuh sekitar 17 cm itu adalah Kipasan Ekor-Merah (Rhipidura phoenicura). Kipasan Ekor-merah yang masuk dalam keluarga Rhipiduridae ini merupakan hewan endemik Indonesia khusunya di pulau Jawa. Habitatnya berada pada ketinggian 1000 – 2500 mdpl, atau pada wilayah montane dengan iklim subtropis atau tropis. Tak heran banyak pendaki gunung gunung di jawa yang seringmenjumpai burung ini.

Burung ini mudah dikenali dari bentuk ekornya yang menyerupai kipas berwarna merah agak tua. Perilaku terbangnya juga dapat dikenali dimana sering terbang melompat lompat dari satu cabang ke cabang lain. Sering dijumpai sedang bersama kelompoknya atau berinteraksi dengan burung lain yang memiliki ukuran lebih kecil. Burung ini masuk dalam status konservasi resiko rendah (Least Concern) dalam daftar IUCN.

Jika mendaki, memasuki kawasan Montana, cobalah amati pepohonan sekitar, mungkin saja bisa menemukan Kipasan Ekor-Merah yang sedang bermain main. Hiburan dari alam yang sangat menarik untuk memperkaya cerita pendakian.

referensi: http://www.bio.undip.ac.id/sbw/spesies/sp_kipasan_ekor_merah.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 26, 2012 by in Flora Fauna, rupa rupa and tagged .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Follow akunto[MO]untain on WordPress.com

Blog Stats

  • 100,808 hits
%d bloggers like this: