akunto[MO]untain

celotehan pendaki amatir

Playlist #1


Musik menjadi teman setiap dalam perjalanan , terlebih ketika berkelana seorang diri. Nah, mari bahas playlist perjalanan yang ada di IPODku yang setia menemani (idenya mencontek National Georaphic Traveler Playlist, membahas 1 album dan 10 single lagu).

Rasuk (album)-The Trees And The Wild
Musik sesejuk skandinavia di Negara tropis, begitulah kalimat yang kira kira menggambarkan lagu lagu band trio ini dalam album rasuk. Harmonisasi gitar menjadi senjata utamanya. Lagu lagu seperti “Malino”, “Kata”, “Berlin” atau “Honeymoon on Ice” memiliki petikan gitar yang sangat cocok untuk menemani perjalanan. Kalau butuh penyemangat pagi hari yang dingin dengarkan “Verdure” dengan Riff yang catchy dan nendang. “Irish Girl”, “Noble savage” dan “Fight For Future” tergolong nge-pop dan cocok untuk suasana santai.  “Our Roots” dan “Derau dan Kesalahan” merupakan dua lagu yang menarik lainnya. “Our Roots”, seperti judulnya, memasukkan unsur tradisional pada lagunya. Nada nada pentatonik ditambah suara penyanyi latar yang membius, mampu menghadirkan suasana . “Derau dan kesalahaan” merupakan lagu yang progresif, penuh dinamika, yang pada awalnya tenang kemudian berubah menjadi semangat. Album “Rasuk” milik salah satu Band berbakat yang dimiliki tanah air ini sangat pas menemani pengembaraan, baik di dalam kendaraan, di hutan, ataupun saat bersantai di tenda.

Playlist:
1. Mahameru – Dewa 19
Dari judulnya sudah terlihat kalau lagu ini pas buat pendakian, apalagi pendakian Semeru. Kalau sudah pernah mendaki Semeru, mendengarkan lagu ini akan lebih mudah memaknai dan merasakan artinya.
“Mahameru sampaikan sejuk….., Mahameru basahi jiwaku yang kering, Mahameru sadarkan angkuhnya manusia……puncak abadi para Dewa”

2. Pelangi dan Matahari – BIP
Lagu mengenai alam dari BIP yang sangat cocok untuk menemani pendakian, terutama ke gunung – gunung yang memiliki sabana yang luas, seperti Lawu dan Merbabu. Iramanya bikin semangat.
“Padang hijau di balik gunung yang tinggi, berhiasan pelangi setelah hujan pergi. Kuterdampar di tempat seindah ini, seperti hati sedang…sedang jatuh cinta”

3. Pembuat Teh – Nugie
Lagu nostalgia mengenang masa masa Televisi masih memutar musik musik yang beragam. Lagunya nda terlalu terkait dengan alam tapi ini lagu paling cocok dinikmati ketika sedang nyuruput teh anget Mbok Yem di Gunung Lawu.
“ ..Dia panasi air dalam bejananya, menyiapkan secangkir teh yang hangat. Meneduhi bumi dengan adukan kayunya…menemani para…Pengembaraaa.aaa.aaaa…”

4. Dua Langkah Kecil – Indie Art Wedding
Lagu milik vokalis ERK, Cholil, yang berduet dengan istrinya cocok untuk menggambarkan pendakian duet. Irama folk yang sederhana dan lirik khas Cholil benar benar menghanyutkan
“..dua langkah kecil menyusuri waktu…melewati hutan, di antara pohon, menghirup udara…”

5. Pecinta Alam – Rita Ruby Hartland
Sebuah lagu renungan untuk para pendaki. Banyak pendaki yang ngaku pecinta alam namun kelakukannya beda 180 ⁰
“…Pendaki gunung sahabat alam sejati, jaketmu penuh lambing lambing kegagahan. Memproklamirkan dirimu pecinta alam, sementara maknanya belum kau miliki….”

6. Harmoni Menyentuh – Kla
Kla memang identik dengan lirik yang puitis dan terinspirasi alam. Harmoni menyentuh dengan lirik dan musik yang harmonis menjadi teman yang tepat memandangi yang penuh harmoni nan menyentuh.
“…Kudapati diriku dalam keterpanaan, satu harmoni menyentuh….”

7. Sabda Alam – Chrisye
Bangun pagi, keluar tenda, bikin sarapan sambil menikmati pemandangan nusa indah nirmala ditemanai lagi ini..sip
“…kicau burung bernyanyi, tanda buana membuka hari, dan embun pun memudar menyongsong sang fajar…”

8. Tepi Campuhan – Slank
Alam Bali memang menjadi salah satu inspirasi Slank. Sawah hijau, Anjing bermain, capung berterbangan, burung berkeliaran…campuhan memang indah
“ ..sembunyi diriku dalam pelukan alam, hindari semua kenyataan… Menggigil tubuhku, sadari alam..di sini aku kecil dan tak berarti..”

9. Mata Berdebu – Sore
Sebuah lagu renungan dalam mengarungi kehidupan
“….dan aku rindu melangkah di duniamu..di antara hujan dingin terlunta….”

10. Hujan jangan Marah – Efek Rumah Kaca
Kalau kejebak hujan badai, nyanyi aja lagu ini….
“Lihatlah aku pucat pasi, sembilu hisapi jemari, setiap kupeluk dan menangisi hujau pucatnya cemara yang sedih … ……..…hujan…hujan..jangan marah…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 21, 2012 by in Playlist, rupa rupa and tagged .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Follow akunto[MO]untain on WordPress.com

Blog Stats

  • 100,808 hits
%d bloggers like this: