Jalur Pendakian Merbabu via Selo


Jalur pendakian Selo termasuk jalur yang banyak dikunjungi oleh para pendaki. Kemudahan aksesibilitas dan pemandangan yang menarik menjadi faktor jalur ini populer. Jalur selo – puncak melintasi tipe hutan hujan pegunungan (1800 – 2100 mdpl) dan hutan hujan sub alpin (2500 -3150 mdpl). Selepas zona hutan pegunungan, di sebelah selatan kita dapat melihat Merapi.

Jalur Pendakian Merbabu via Selo (klik untuk memperbesar)
Jalur Pendakian Merbabu via Selo (klik untuk memperbesar)

Jalur pendakian Merbabu via Selo adalah sebagai berikut

1. Basecamp

Pintu Masuk Jalur Pendakian

Basecamp merbabu via selo terdapat pada Dk Genteng, Desa Tarubatang. Terdapat dua buah basecamp yang dikelola oleh warga lengkap dengan fasilitas souvenir dan penjualan perlengkapan pendakian sederhana. Pendakian dimulai dari gerbang Taman Nasional Gunung Merbabu yang berjarak 50 meter dari basecamp. Di sekitar gerbang terdapat camping ground. Pada jarak 800 meter dari pintu masuk jalur pendakian akan ditemui sebuah persimpangan. Jalur kiri (tanjakan) merupakan jalur pendakian, sedangkan jalur kanan (jalur menurun) adalah jalur menuju daerah jurang warung yang dapat digunakan sebagai lokasi birdwatching.

2. Pos I Dok Malang

Pos I Dok Malang

Pos I dapat ditempuh selama 1 jam dari basecamp. Pos yang berupa sebidang tanah ini berada pada ketinggian ± 2190 m dan masih berada pada zona hutan gunung sehingga tidak ada pemandangan. Pos I umumnya digunakan untuk tempat berisitirahat sejenak. Selepas Pos I ada percabangan jalur lama (kiri) yang langsung menuju Pos III dan jalur baru (lurus).

3. Pos II Pandean

Pos II Pandean

Pos II berjarak kurang lebih satu jam perjalan dari pos I. Tipikal pos II mirip pos satu yang berupa sebidang tanah tanpa bangunan dan terletak pada ketinggian 2420 mdpl. Vegetasinya berupa peralihan hutan hujan pegunungan dan hutan hujan sub alpin.

4. Pos III Watu Tulis

Pos III Watu Tulis

Pos III berada pada ketinggian 2590 mdpl. Pada pos ini terdapat sekelompok batuan besar yang menjadi obyek vandalism. Entah, apakah karena banyaknya coretan sehingga pos ini dinamai watu tulis atau sebaliknya, karena bernama watu tulis, para pendaki vandalis mencorat coret bantu ini. Pemandangan dari pos III cukup lapang dan dapat melihat merapi di seberangnya. 200 meter dari pos III dapat dijumpai sebuah nisan memoriam alm. Heri Susanto, seorang pendaki asal Surabaya yang mengalami kecelakan pendakian pada tahun 1997.

4. Sabana I dan Sabana II

suasana sabana 2 dengan kabutnya

Sabana I berada pada ketinggian ±2770 mdpl sedangkan sabana II terletak pada ketinggian ±2860 mdpl. Sabana I dan sabana II dipisahkan oleh sebuah bukit. Ekosistem sabana ini didominasi oleh rumput bubarjaran. Kedua lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat berkemah para pendaki.

5. Jemblongan

suasana di jemblongan

Jemblongan berada kurang lebih 100 meter dari sabana II. tempat ini merupakan tempat berkemah alternative. Berada di tengah tengah pepohonan, tempat ini menjadi tempat yang nyaman untuk berkemah karena terlindung dari angin dan cukup dekat dengan puncak (± I jam perjalanan)

6. Puncak Triangulasi


Advertisements

35 Comments

    1. Makasih komennya :D, monggo dicoba, kalo ada yang kurang monggo ditambahkan, Maklum baru pertama lewat jalur Selo,pengamatan jalur masih belum terlalu akurat

        1. yup..google earth + GPS. Skarang udah banyak yang berbbagi tracklog jalur pendakian, tinggal googling aja. Gampang koq plotting elevasi dari google earth, tinggal klik kanan layer jalur pendakian di kolom places, pilih show elevation profile/tampilkan profil ketinggian, muncul deh. wah…koq cuma sampe sabana 1, nanggung banget

  1. ooo…iyaa udah dicoba…makasih yaa 😀
    Cuman sampe sabana 1 soale kena mountain sickness masbro, muntah2 di sabana 1. Merbabu anginnya brrrr….nggak nguatin. Tapi kapan2 mau dicoba kesana lagi….insyaaallah. 😀

  2. bener mas, persiapan fisik emang bener2 nggak boleh diremehkan. Lawu malah udah lho kemaren lewat cemoro sewu. Rasanya lawu malah lebih mudah treknya drpd Merbabu..
    Iya lawu dingiin bgt, tp anginnye nggak kenceng…dan ada warungnya lagi, hehe….:D

    1. iya, lebih mudah cemoro sewu…lewat tangga soale :D. Coba via cetho….. mantap..tapi bakal nemuin sejenis sabana lebih luas daripada merbabu kalo lewat cetho

      1. biasanya dari jakarta ke solo naik kereta, turun di stasiun solo balapan. Trus lanjut ke terminal Tirtonadi (jalan kaki dari stasiun kira2 15 menitan). Cari bus jurusan Selo, Boyolali. Nanti turunnya di pasar selo. Dari pasar selo ke basecamp bisa jalan kaki (lumayan jauh dan nanjak) atau naik ojek. Lebih jelasnya gugling aja, maklum domisili di jogja, biasa naik kendaraan pribadi kalau ke merbabu

  3. halo mas… salam kenal
    kalo punya data-data lengkap (termasuk koordinat jika ada) untuk jalur pendakian gunung merbabu dan gunung lain di jawa tengah, boleh kah saya minta dan saya gunakan untuk keperluan penelitian? yang mana hasil penelitian nanti jika berjalan lancar dapat di gunakan oleh semua orang, terima kasih

    1. untuk koordinat jalur pendakian gunung coba dicari di gunungbagging.com atau navigasi.net. Disana tersedia jalur pendakian dalam format .gpx dan .kml untuk sebagian besar gunung di Jawa. Kalau data lengkapnya, mungkin perlu nyari yang sabar di situs-situs, e-magazine, atau buku buku tentang pendakian 😀

  4. Wah, akhirnya saya dapet info yg dicari, makasi mas buat info2nya..
    oiya, saya mau tanya, punya kontak basecamp Merbabu via Selo?
    terima kasih, selamat pagi..

    1. lumayan jelas, dan cukup ramai kalau akhir pekan. nanti selepas pos I ada pertigaan, itu sama aja, ambil lurus (turun) menuju pos II (jalur baru) ambil kiri langsung tembus pos 3 (jalur lama). nanti turunnya juga gitu, abis watu tulis (pos 3) ambil kiri untuk ke pos 2 atau lurus kalau mau langsung ke pos I.

  5. salam ransel……btw kok cumn sampe puncak triangulasi?…..jd alternatif paling abek ngecamp di Jomblangan ya…?

    1. hehe soale kalau mau ke puncak kenteng songo kan deket, nda usah diikasi tau jalur udah keliatan :p. Rencananya yang puncak syarief mau dimasukkan ke dalam jalur wekas, tapi karena kemalasan nda jadi – jadi tulisannya :p. Kalau mau summit alternatif yang paling enak ya ngecamp di jomblangan karena dekat dengan puncak.

      1. mas mau nanya nih. katanya jalur selo banyak persimpangan ya ? bisa minta tolong gak dijelasin jalur yg harus di ambil di setiap persimpangan dari basecamp. makasih . hehe

        1. eh ada mas galih lagi :D. Sebelum pos satu ada persimpangan, ke arah lembah, tapi sudah ada palangnya, jalur utamanya keliatan jelas. setelas pos satu ada percabangan jalur lama (ke kiri) jalur baru (lurus), ambil jalur baru aja yang keliatan jelas. setelah pos 3 banyak simpangan tapi jalur2 alternatif gitu, kalo naik siang, tinggal liat yang menuju ke puncak/atas aja :P. cuma kalo turun rada membingungkan,.

  6. mas, mau nanya nih. untuk jalur selo katanya banyak persimpangan ya ? kalau dari basecamp bisa dijelasin gak jalur yang harus dilewatin sama yang jangan dilewatin .,

    1. kalau persimpangan yang rada membingungkan selepas pos 1 ada yang ke kiri, ada yang lurus. kalo ke kiri lewat jalur lama lurus lewat jalur baru. selebihnya banyak simpang tapi cuma jalur altrnatif aja, ujung2nya sama. Cuma kalo turun ya harus nginget2 jalur, ada beberapa jalur yang nyimpangke jalur lain (sepertinya). Menurut saya sih gitu berdasar pengalaman

  7. Salam rimba,

    mas saya mau tanya ni, kalau dari jogja (bawa motor pribadi) di basecamp nya bisa nitip gk ya? minta petunjuknya untuk ke selo tu aksesnya via mana ya gampangnya? trus cp basecamp nya masih yang pak bari kan mas? 😀

    1. Parkiran di Basecamp luas mas, bisa masup 20an motor lebih. Basecampnya ada dua, di kiri kanan jalan. Kalau dari jogja, ambil arah magelang, di pertigaan pabrik kertas blabak magelang, belok ke kanan. Trus aja, sampe ketemu pasar selo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s