akunto[MO]untain

celotehan pendaki amatir

Touching The Void


sumber gambar: imdb.com

Sutradara : Kevin MacDonald

stranger than fiction”, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan kisah ini. Touching the void merupakan film yang diambil kisah nyata duo pendaki asal Inggris Joe Simpson dan Simon Yates. Ini bukan film dokumenter murni karena merupakan reka ulang kejadian. Pada tahun 1985 Mereka berdua mendaki puncak Siula Grande di pegunungan Andes. Puncak ini terkenal ganas karena sudah memakan korban dan belum ada yang berhasil mencapai puncak. Ambisi masa muda dimana kala itu Joe Simpson berusia 25 tahun sedangkan Simon yates berusia 21 tahun membuat mereka  tertantang untuk mengukir sejarah. Pendakian menuju puncak berjalan lancar, namun bencana dimulai ketika hendak turun.

 Perubahan cuaca ekstrem menyebabkan jarak pandang menjadi nol. Hanya putih badai salju yang terlihat. Kondisi ini menyebabkan Joe tak mampu melihat jalur pendakian. Hasilnya, mereka salah mengambil jalur dan Joe pun terjerumus ke sebuah tebing yang curam sehingga hanya tergantung pada seutas tali. Disinilah dimulai kisahnya, bagaimana akhirnya Simon memutuskan tali sehingga Joe terjatuh ke dalam jurang , dan bagaimana akhirnya Joe bertahan hidup bahkan mencapai basecamp dengan kondisi kaki yang patah (ia pun mendapat julukan superhuman di kalangan pendaki).

Film yang dikemas dengan apik, di mana tak ada narator adalah Joe Simpson dan Simon Yates yang bercerita secara terpisah. Penonton akan melihat kisah ini dari sudut pandang dua orang dengan kisah dan dilema masing masing . Narasi dari Joe dan Simon ini yang menjadi bagian krusial dari film ini. Dan reka ulang narasi yang ditampilkan membuat kita mampu merasakan cobaan berat yang mereka alami.

Kisah yang sudah menjadi salah satu legenda pendakian ini untungnya tidak dibuat filmnya oleh Hollywood (saya membayangkan hasilnya akan menjadi seperti vertical limit atau cliffhanger). Terima kasih kepada Kevin Macdonald yang mengemas kisah ini menjadi film yang epik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 2, 2012 by in Film, Review and tagged .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Follow akunto[MO]untain on WordPress.com

Blog Stats

  • 100,808 hits
%d bloggers like this: