akunto[MO]untain

celotehan pendaki amatir

Sudirman Range Trails : Lanskap Misterius Indonesia Timur


Penulis: Rangga Waskita, Xaverius Frans

ISBN: 978-602-96-6500-0
Penerbit: Mahitala Unpar
Tahun Terbit: 2011
Ukuran: 24 x 28 cm; xii + 180 hlm

Sangat jarang menemukan sebuah ulasan yang komperhensif mengenai pendakian gunung di Indonesia dan dijual pada jaringan distribusi nasional. Sudirman Range Trail (SRT) adalah salah satu buku langka tersebut. Buku ini mengulas ekspedisi pegunungan Sudirman organisasi Mahasiswa Parhyangan Pencinta Alam (Mahitala) Universitas Katolik Parhyangan yang dilakukan pada bulan Maret – April 2009.

Buku ini mengulas cukup lengkap mengenai informasi Pegunungan Sudirman, informasi masing masing jalur pendakian yang ada di pegunungan sudirman seperti jalur menuju puncak merah putih dan garuda, jalur idenberg, dan puncak mahitala. Bab khusus mengenai informasi kehidupan flora fauna serta fosil dan batuan memperkaya informasi mengenai Pegunungan Sudirman. Setiap Bab juga dilengkapi foto foto yang informatif dan menarik. Lampiran yang ada memberikan poin plus buku ini karena memuat informasi penting seperti: toponomisasi yang memberikan pengetahuan ringkas cara penamaan puncak gunung; informasi jalur pendakian; porter perijinan dan transportasi; logistik pendakian yang dapat menjadi acuan pendakian gunung; kesehatan perjalanan yang memberikan pengetahuan ringkas penyakit yang umum terjadi di pendakian dan cara penanganannya; daftar istilah yang membantu menambah khasanah istilah pendakian.

Buku ini juga disusun agar dapat menjadi panduan bagi pendaki lain yang ini berpetualang di Pegunungan Sudirman sehingga pendaki dapat dengan mudah menemukan hal hal yang menarik dan unik. Salah satu kekurangannya adalah tidak adanya bagian yang membahasan pengalaman dari para tim ekspedisi baik itu cerita unik, kisah suka duka atau pendapat pendapat pribadi tentang tim itu sendiri. Pengalaman suka duka hanya tertuang singkat pada bagian pengantar.

Secara keseluruhan buku ini layak dan sangat direkomendasikan untuk menjadi koleksi para pendaki maupun masyarakat umum yang tertarik mengetahui keindahan lanskap Indonesia yang tersembunyi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 2, 2012 by in Buku, Review and tagged .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Follow akunto[MO]untain on WordPress.com

Blog Stats

  • 100,808 hits
%d bloggers like this: