akunto[MO]untain

celotehan pendaki amatir

Lawu Via Cetho – GAM: Gerombolan Anti Muncak-


Berawal dari rasa penasaran akan jalur pendakian lawu via cetho, perjalanan ini dimulai. Lawu via cetho tergolong jalur yang kurang populer, ntar karena lebih susah dijangkau dibandingkan jalur duo cemoro, atau karena jalur ini sering dikabarkan sebagai jalur ziarah, jarang dilewati dan kental dengan mistisnya.

tim cetho

Pendakian pada bulan Desember 2011 kali ini sama dengan tim merapi, dan kebetulan okky baru saja melalui jalur ini sehingga ada guidenya. Pendakian weekend ini tidak menargetkan puncak tetapi hanya sampai padang sabana. Berangkat lepas tengah hari, kami langsung menargetkan pos v. Ritme langkah cukup cepat dan pada setiap pos hanya singgah sebentar.

jalur yang terbilang masih rapat dan lebat

Jelang Pos IV hujan gerimis mulai turun, langkah dipercepat mengingat hari mulai gelap. Jelang pos IV menyempatkan untuk mengisi ulang air minum dengan memanfaatkan pipa air yang bocor. Membutuhkan kesabaran dalam mengambil air karena memanfaatkan lubang kecil yang terdapat pada pipa. Lepas Pos V, hari mulai gelap, senter pun mulai dinyalakan. Tanpa komando, ritme langkah semakin cepat. Mungkin karena semua sudah mengetahui kabar mengenai pendakian via cetho ini, tidak ada perbincangan, semua fokus mempercepat langkah hahaha.

Sepatu – sepatu basah

Sesampi di bulak peperangan segera mendirikan tenda. Kala itu pukul 08.00 pm, tapi terasa sangat sunyi. Mungkin karena sepanjang perjalan tidak menemui satu pendaki pun yang melalui jalur cetho ini. Malam itu bertepatan dengan gerhana bulan, tapi sepertinya semua ingin menikmati kehangatan tenda (kata lain mengurangi rasa takut).

campsite

Esok harinya, kami segera menuju padang sabana. Hamparan sabana mengingatkan pada jalur semeru, oro oro ombo, bila dilihat dari kejauhan. Beruntung juga jalur ini jarang dilalui sehingga masih cukup terjaga dari berbagai macam sampah pendakian. Sayangnya, telaga menjangan yang terdapat di padang sabana sedang surut. Puas mendokumentasikan sabana, kami segera balik ke pos V dan bersiap untuk balik. Sebenarnya ingin ke puncak, tapi mungkin lain waktu akan menuntaskan lawu via cetho hingga puncak .

tujuan utama pendakian: foto foto di sabana!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 29, 2012 by in Catatan Perjalanan, Lawu and tagged .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Follow akunto[MO]untain on WordPress.com

Blog Stats

  • 100,808 hits
%d bloggers like this: