akunto[MO]untain

celotehan pendaki amatir

?


“kenapa naik gunung?”, “nda bosen naik gunung?”, “buang buang duit aja jalan jalan terus” dst. Mungkin banyak juga penggiat alam yang mendapatkan pertanyaan yang sejenis. Bertanya pada seratus orang, bias saja yang didapat adalah tiga ratus jawaban. Setiap orang memiliki alasan yang berbeda beda.

Nah, aku pun masih bingung merumuskan jawaban yang pas untuk pertanyaan pertanyaan sejenis. Pendakian gunung sudah lama menjadi suatu bentuk kecintaan masyarakat akan keindahan alam. Di puncak, seseorang bisa merasakan betapa besarnya kuasa sang Pencipta, ketika melihat pemandangan nirmala tanpa batas yang menjadikan kita merasa sangat kecil. Perasaan bahagia seseorang ketika mencapai puncak sering diiringi dengan perasaan damai, takjub, dan menuju pada suasana kontemplasi. Naturalis E.O Wilson, dalam buku bliss karya Eric Weinner, menyebutkan perasaan hangat dan bahagia itu sebagai biofilia, sebuah hubungan emosional bawaan manusia ke organise hidup lainnya. Hipotesisi biofilia ini menyebutkan kecintaan terhadap alam sudah terdapat dalam gen manusia, yang berhubungan dengan evolusi manusia. Roger Ulrich, seorang psikolog, pada tahun 1984, menemukan bahwa pasien yang dirawat pada kamar yang memiliki jendela yang menghadap ke pepohonan memiliki sedikit komentar negative dalam catatan perawat dibandingkan dengan pasien pada kamar yang menghadap dinding bata.

Kembali ke pertanyaan itu, kenapa kau naik gunung, hm sangat sulit dijabarkan. Masa kecil yang dihabiskan di Bali cukup mempengaruhi keingintahuan terhadap alam. Berada di lingkungan orang bali yang memiliki hubungan yang kuat dengan desa asal mereka acapkali sering mendengar cerita cerita dengan alam. Teman teman semasa SD pun sudah akrab dengan alam di sekitar desa mereka. Cerita – cerita ini yang membuat aku penasaran, bagaimana rasanya mata air alami yang masih bersih, sawah yang menghampar, udara pegunungan yang menusuk tulang. Yup, karena aku sejak kecil berada di lingkungan kota, bahkan kampung halaman ortu pun berada di wilayah kota, sehingga sebutan “sungai” di depan kampung halaman yang aku banggakan ke teman teman sebenarnya hanyalah sebuah saluran irigasi teknis. Karena rasa penasaran itu pula Sejak SD hingga SMP mengikuti kegiatan Pramuka, berharap bisa bersua dengan alam melalui kemah, penjelajahan dan sebagainya. Semasa SMA pun memilih masuk organisasi pencinta alam agar lebih banyak berkegiatan di alam. Pada masa ini sebenarnya menjadi semacam masa pendidikan teori dan peletak dasar dasar pengetahuan dalam berkegiatan di alam bebas. Ketika sudah menapakkan kaki di puncak puncak 3000m ke atas, memang, biofilio menjadi sensasi tersendiri. Mendaki gunung atau melakukan perjalanan juga menjadi ajang mempraktekkan ilmu, baik itu ilmu manajemen perjalanan, ilmu packing, sampai ilmu ilmu akademik, seperti fisiografi, kartografi, GIS, ekologi dan lainnya. Alam berperan sebagai laboratorium dan juga guru. Mendaki gunung juga salah satu cara untuk menggali potensi SDA. Sepanjang perjalanan, aku juga bisa menggunakan untuk merenung, berpikir tanpa harus mengurangi konsentrasi terhadap jalur pendakian. Sepanjang pendakian juga bisa belajar dari rekan seperjalanan. Sepanjang pendakian juga bisa menjadi ajang untuk memperbaiki kepribadian (mengatur emosi, kepedulian, kebersamaan).

Ah masih banyak alas an alasan lainnya. Melalui blog ini ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang kegiatan alam, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 6, 2012 by in Catatan Pinggir and tagged .

Navigation

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Follow akunto[MO]untain on WordPress.com

Blog Stats

  • 100,808 hits
%d bloggers like this: